Rabu, 03 Oktober 2012

Etika Menggunakan Internet

ETIKA MENGGUNAKAN INTERNET

Era internet membawa perubahan besar dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Era yang menimbulkan munculnya peluang baru untuk membangun dan memperbaiki pendidikan, bisnis, layanan, pemerintahan, dan demokrasi.

Beberapa alasan mengapa era internet memberikan dampak yang cukup signifikan bagi berbahgai aspek kehidupan :
  1. Informasi pada internet bisa diakses 24 jam dalam sehari.
  2. Biaya murah dan bahkan gratis.
  3. Kemudahan akses informasi dan melakukan transaksi.
  4. Kemudahan membangun relasi dengan pelanggan.
  5. Materi dapat di up-date dengan mudah.
  6. Penggunaan internet telah merambah ke segala penjuru.

KARAKTERISTIK DUNIA MAYA
Internet identik dengan dunia maya atau cyberspace. Menurut Dysson (1994) : “ Cyberspace merupakan suatu ekosistem bioelektronik di semua tempat yang memiliki telepon, kabel coaxial, fiber optik, atau elektromagnetik waves”.

Dari definisi yang diberikan Dysson diatas, dapat ditarik kesimpulan tentang karakteristik dunia maya antara lain :
  1. Beroperasi secara maya atau virtual.
  2. Dunia cyber selalu berubah dengan cepat.
  3. Dunia maya tidak mengenal batas-batas teritorial.
  4. Orang-orang yang hidup dalam dunia maya dapat melaksanakan aktivitasnya tanpa harus menunjukkan identitasnya.
  5. Informasi di dalamnya harus bersifat publik.

PENTINGNYA ETIKA DI DUNIA MAYA

Beberapa alasan yang cukup kuat mengenai pentingnya etika di dunia maya atau etika berinternet antara lain:
  1. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang memiliki culture yang berbeda-beda
  2. Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia yang anonymous, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
  3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak tidak etis.
  4. Harus diperhatikan bahwa pwngguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru dalam dunia maya.

NETIKET (ETIKA DALAM INTERNET)

Netiket adalah etika dalam berkomunikasi lewat internet. Kebanyakan netiket yag sering digunakan mengacu pada standar netiket yag ditetapkan oleh IETF ( The Internet Engineering Tasking Force), yaitu suatu komunitas masyarakat internasional yang terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoperasian internet.

Jenis-jenis Netiket

  1. One to One Communication

Sebagai pengguna/anggota :
  • Jangan terlalu banyak mengutip.
  • Perlakukan email secara pribadi.
  • Hati-hati dalam menggunakan huruf kapital.
  • Jangan membicarakan orang lain.
  • Jangan gunakan cc (copy carbon).
  • Jangan gunakan format HTML.
  • Jawablah secara masuk akal.

Sebagai administrator
  • Lakukan publikasi secara tertulis tentang petunjuk-petunjuk yang harus dilakukan user jika dihadapkan pada pesan yang tidak sah (illegal) atau tidak pantas (improper) dalam pemakaian email.
  • Berikan jawaban segera kepada pengguna jika ada pertanyaan-pertanyaan mengenai pesan yang tidak sah (illegal) atau tidak pantas dengan segera.
  • Jelaskan aturan-aturan kepada pegguna mengenai kuota disk atau sistem rule yang ada.
  • Selidikilah keluhan-keluhan yang terjadi pada pengguna dengan pikiran jernih dan terbuka.

  1. One to Many Communication

Sebagai pengguna/anggota :
    • Baca terlebih dahulu milist netnews satu atau dua bulan data diskusi, sebelum memutuskan untuk melakukan posting surat yang pertama kali kepada milist tersebut.
    • Tidak menyalahkan moderator atau pengurus sistem menyangkut perilaku yang dilakukan oleh anggota sistem tersebut.
    • Berhati-hatilah dengan kata-kata yang akan ditulis.
    • Perhatikan dengan benar aturan-aturan yang ditetapkan oleh pengelola sistem.
    • Artikel atau tulisan yang akan diposting haruslah ringkas dan to the point.
    • Buatlah subject line yang mengikuti aturan atau konvensi yang disepakati dalam kelompok komunikasi tersebut.
    • Tidak boleh mengirimkan artikel yang berbau pemalsuan atau lelucon kecuali milist yag memag bernuansa humor.
    • Pahami karakter audiens sebelum melakukan posting iklan pada milist.
    • Usahakan meletakkkan signatur pada setiap teks yang diposting.
    • Jika dalam melakukan komunikasi terjadi perdebatan dengan anggota milist yang lain, sebaiknya perdebatan tersebut dilanjutkan lewat email pribadi.
    • Tidak etis mengirimkan teks yag berbau seksual dan rasialis.
    • Setiap individu bertanggung jawab untuk melakukan subscribe dan unsubscribe pada setiap mailing list.
    • Jika melakukan pendaftaran pada mailing list, biasanya akan mendapat balasan yang berupa subscribe message. Simpan message tersebut karena di dalamnya akan memuat juga bagaimana Anda melakukan unsubscribe.
    • Berhatilah-hatilah ketika menuliskan pesan.
    • Jangan mengirimkan file berukuran besar karena akan mengganggu sistem.

Bagi Administrator
  • Memperjelas aturan-aturan tentang pemakaian mailing list atau netnews sejelas-jelasnya tentang bagaimana berlangganan netnews, bagaimana mendaftar mailing list, bagaimana melakukan posting dll.
  • Memperjelas kebijakan tentang penanganan arsip, misalnya tentang berapa lama artikel akan disimpan dsb.
  • Pastikan untuk memonitor kondisi sistem setiap waktu termasuk bagaimana kesehatan sistem tersebut.
  • Jelaskan aturan-aturan kepada pengguna mengenai kuota disk atau system rule yang lain.
  • Selidiki keluhan-keluhan yang terjadi pada pengguna dengan pikiran jernih dan terbuka.


c. Information Services
Petunjuk umum pada dokumen IETF tentang netiket menyatakan beberapa hal tentang layanan information services ini, antara lain :
  • Bahwa semua jasa tersebut adalh milik orang. Beberapa layanan ada yang membayar dan ada juga yang gratis. Bagi yang mendaftar dan atau membayar akan mendapat aturan penggunaannya.
  • Jika mendapatkan kesalahan terhadap layanan tersebut, lakukan pengecekan pertama kali terhadap kondisi lokal sistem sebelum akhirnya mengajukan komplain kepada penyedia layanan.
  • Pemakai perlu mengetahui bagaimana file layanantersebut bekerja pada sistem lokal yang dimilikinya.
  • Pemakai information services harus menggunakan pikiran yang terbuka bahwa di dalam internet terhubung berjuta-juta orang yang memiliki kultur yang berbeda.
  • Tidak menggunakan FTP orang lain untuk menyimpan materi kita agar orang lain bisa mengambilnya (dumping)
.
Sumber Referensi : 4shared.com << Klik juga,

Tidak ada komentar :

Posting Komentar